04 Januari 2010

Anatomi Cervikal

Tulang belakang cervikal terdiri dari tujuh buah. Dimulai tepat di bawah tengkorak dan berakhir di bagian atas tulang thorakalis. Tulang belakang cervikal memiliki backward "C" bentuk (lordotic kurva) dan jauh lebih mobile dari tulang thorakal atau lumbal.



Struktur vertebre secara umum memiliki corpus, arcus, dan 7 prosesus yang berada di arcus. Sehingga secara umum vertebre cervikal memiliki bagian-bagian tulang seperti:
• Korpus/body terletak di anterior,berbentuk silinder,dengan permukaan posterior yang rata.
• Pedikel/pedicle terletak di kedua bagian lateral corpus,tebal dan membulat.
• Lamina terletak pada ujung posterior pedikel,berbentuk lempengan tipis.Kedua pedikel bertemu di midline membentuk prosesus spinosus.
• Foramen vertebralis,lubang yang terletak di bag.posterior corpus dibatasi oleh arcus di bagian posterior dengan foramen vertebralis yang lain membentuk canalis vertebralis sebagai tempat spinal cord.
• Incisura vertebralis/vertebral notch (superior dan inferior),lengkungan yang terletak pada bagian atas dan bawah pedikel.Incisura vertebralis inferior (vertebre yang atas) bersatu dengan incisura vertebralis superior (vertebre di bawahnya) membentuk foramen intervertebralis;sebagai tempat keluarnya nervus spinalis dari spinal cord.
• Prosesus transverses ada 2 kanan dan kiri, terletek pada pertemuan antara corpus dan arcus,mencuat kearah lateral.
• Prosesus articularis (superior dan inferior), terletak di bagian superior dan inferior pada dasar (base) prosesus. transversus.Persendian antara prosesus articularis inferior (vertebre yang atas) dengan prosesus articularis superior (vertebre di bawahnya) membentuk zygapophyseal, Vertebre cervikal mempunyai foramen transversum yang dilalui oleh arteri dan vena vertebralis dan nervus spinalis.
Bagian-bagian dari tulang cervical:

a. Cervikal I (Atlas)
Tidak mempunyai corpus, mempunyai 2 arcus (anterior dan posterior), arcus anterior bersendi dengan prosesus odontoideus (dens epistrofeus) gerakan rotasi kepala, massa lateral atlas mempunyai facies articularis (superior dan inferior), facies articularis superior atlas bersendi dengan condilus occipitalis disebut articulation occipitoatlantal (occipitocervikal) gerakan kepala fleksio/ekstensio,facies articularis inferior atlas bersendi dengan facies articularis superior axis.



b. Cervikal II (Axis)
Mempunyai prosesus odontoideus (dens epistropheus, dens/dental:gigi), yang bersendi dengan arcus anterior atlas.



c. Cervikal III-VI (Typical Cervikal Vertebrae)
Bentuknya kecil, letaknya tranversal, dan korpusnya membujur dengan daerah permukaan anterior sedikit “langsing”



d. Cervikal VII (Vertebra Prominens)
Mempunyai prosesus spinosus yang panjang, dapat dijadikan patokan (localizer) untuk menentukan letak tulang vertebre yang lain.

2 komentar:

  1. Good job brow..
    Terus kembangkan ur blog...
    Viva blogger-blogger ATRO Bali...!!

    BalasHapus
  2. jiah..baca welcome note-nya bikin bulu kuduk gw merinding...tapi keren browww...lanjutkan....!!!
    :)

    BalasHapus

Trnslate by

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google