20 Januari 2010

Penanganan Pasien Gawat Darurat (PPGD)

Pengertian
Merupakan kesinambungan perawatan dan pelayanan gawat darurat mencakup pelayanan pra Rumah Sakit dan di luar Rumah Sakit. Pelayanan pra RS mencakup dukungan, instruksi, pelayanan dan tindakan yang diberikan sejak saat dimulainya permintaan pelayanan gawat darurat hingga pasien dikirim ke RS. Pelayanan di luar RS mencakup semua aspek pelayanan dan tindakan yang diberikan petugas pelayanan gawat darurat, sebelum adanya tindakan rawat inap.

Tujuan PPGD
o Menyelamatkan jiwa si penderita
o Menciptakan lingkungan yang aman bagi si penderita
o Mencegah yang terluka atau sakit menjadi lebih buruk
o Mencegah kecacatan
o Melindungi korban yang tidak sadar
o Merawat penderita saat dirujuk ke sarana pelayanan kesehatan
o Menenangkan penderita atau korban yang terluka
Perbedaannya dengan P3K terletak pada sisi profesionalisme pada penanganan pasien dan dilakukan hanya oleh tenaga medis setelah adanya permintaan pelayanan gawat darurat. Jadi tujuan PPGD intinya mencakup menyelamatkan jiwa si penderita dengan protap ataupun penanganan pasien secara profesional.

Tindakan PPGD
- Tindakan pra RS mencakup upaya resusitasi dan stabilisasi penderita, komunikasi dengan dokter, penanggulangan lokasi dan pengangkutan pasien.
- Tindakan di luar RS mencakup adanya ketentuan/protap yang jelas di UGD RS tentang pelayanan gawat darurat termasuk kesiapan alat dan perangkat RS serta pemberian informasi kepada keluarga pasien bila kondisi pasien membutuhkan tindakan darurat. Ingat, keputusan akan tindakan medis termasuk resusitasi adalah hak ekslusif pasien.
- Secara teknis, tindakan PPGD tergantung pada akses dan komunikasi antara yang meminta dan yang memberi pertolongan serta jenis pertolongan gawat darurat yang diinginkan.
- misalnya, dalam tindakan pra RS pada kasus pasien tenggelam berbeda penanganannya untuk pasien kebakaran sehingga informasi kepada penyedia layanan juga harus jelas supaya peralatan yang dibawa sesuai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Trnslate by

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google