20 Januari 2010

Media Kontras BaSO4

Pengertian
Media kontras positif (opaque) yang umum dipergunakan untuk menunjukkan sistem gastrointestinal.

Bentuk
BaSO4 berbentuk powder (serbuk) putih, substansi yang berbentuk kapur.

Tekstur Dan Rasa
Barium sulfat seperti segelas susu kental atau milkshake yang cair. Bubuk barium sulfat homogen, sangat lembut, dan berwarna putih– sangat mirip dengan susu. Serbuk atau bubuk barium sulfat sebaiknya disimpan pada suhu ruangan (disarankan 25ÂșC). Rasanya seperti susu kental, hangat atau minuman yang cukup kental saat diminumkan. Rasa barium sulfat kurang enak, terkadang membuat pasien ingin muntah, dan ini tergantung bagaimana cara penyajian terhadap pasien. Beragam gambaran rasa BaSO4 ada yang hambar, puding vanila yang lengket, hingga agak asam, dengan rasa yang menggigit (menyengat) setelah dirasakan dan dapat memberikan sensasi panas setelah diminum







Sifat
Media kontras barium sulfat mempunyai beberapa sifat khas yaitu :
1. Tidak larut dalam air.
2. Dalam penggunaanya selalu dicampur dengan air agar lebih mudah dicerna pasien.
3. Saat dicampur dengan air, dia menyebabkan rasa tidak enak seperti mengendap dan lengket pada dinding2 atau lumen organ tubuh dalam.
4. Saat ini, telah banyak dikembangkan barium sulfat yang lebih baik terutama dari segi rasa.
5. Merupakan bahan kimia, dan apabila terkontaminasi barium karbonat dapat menjadi sangat beracun.
6. Barium sulfat yang dapat larut dalam air masih belum dikembangkan, tetapi hal ini sangatlah penting untuk dilakukan. Walau belum ada / blm dikembangkannya barium sulfat yang larut dalam air, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat kita memilih komposisi barium sulfat :


• Ukuran Partikel
Umumnya pertikel barium sulfat kasar, ± beberapa milimeter, proses penggilingan yang baik menyebabkan partikel barium sulfat memiliki ukuran 50 % dari partikel awal dan ukurannya antara 5 Ecm dan 151cm. Sedimentasi yang terjadi sebanding dengan ukuran partikel,semakin kecil uk, partikel Ba maka akan semakin stabil suspensi.
• Media Non-Ionic
Muatan partikel barium sulfat berpengaruh pada gugusan partikel. Partikel saling mengikat , dan semakin besar ukuran partikel maka endapan akan semakin banyak. Hal ini lebih banyak terjadi di lambung.
• Ph Solution.
pH barium sulfat harus antara 5-3. merupakan solution yang bersifat asam terutama setelah berada di lambung , sehingga lebih banyak mengendap di lambung.
• Palatability.
Umumnya penggilingan yang baik akan meminimalkan rasa yang tidak sama pada barium sulfat/campuran air, tetapi umumnya barium sulfat yang dijual saat ini menggunakan bahan penambah rasa . Barium sulfat/campuran air, biasanya ¼ berat/volume, dan memiliki viscositas/kekentalan 15-20 cp, suspensi tebal atau tipis sama-sama dapat dipergunakan. Barium sulfat yang dijual mengandung carbomethyl cellulose (raybar, Barosperse) yang menahan air dan mencegah pengendapan barium di usus kecil

Pembentukan
Barium sulfat adalah salah satu garam barium yang sifatnya paling tidak larut dalam air. Barium sulfat dihasilkan dalam proses pemecahan senyawa sulfuric acid terlebih dahulu untuk menghasilkan asam sulfat (acid sulfate) secara dilusi. Reduksi dengan melakukan pemanasan menggunakan arang menghasilkan barium sulfide :
BaSO4 + 4C + heat → BaS + 4CO
Reaksi terjadi saat pemanasan dengan aluminium atau terjadi ledakan saat dicampur potassium.

Cara Pakai
Media kontras BaSO4 biasanya dikonsumsi dengan cara :
1. Oral (BaSO4 ditelan melalui mulut)
2. Enema (BaSO4 dimasukkan melelui anus)

Efek Samping
Umumnya efek samping yang paling sering terjadi adalah mual dan diare. Biasanya dirasakan setelah 15 menit konsumsi BaSO4. Diare dan mual mungkin terjadi sampai sehari setelah pemeriksaan dilakukan. Tetapi dengan melakukan pengaturan makan secara normal, hal tersebut dapat diminimalisasi. Efek samping yang mungkin terjadi yang sifatnya jarang adalah sakit kepala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Trnslate by

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google